Minggu, 24 September 2017

Strategi Komunikasi WPAP Chapter Semarang dalam Mempertahankan Eksistensinya

Tags


Komunikasi punya peran penting dalam segala aspek kehidupan, mulai dari individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Melalui komunikasi kita berinteraksi dengan orang lain maupun dunia luar. Komunikasi juga merupakan alat untuk menyampaikan dan menerima informasi juga untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi terjadi dimana pun dan kapan pun termasuk di WPAP Chapter Semarang yang berisikan individu individu yang memiliki tujuan sama yaitu belejar mengenal lebih dalam tentang WPAP.
            WPAP Chapter Semarang sendiri berdiri pada tanggal 5 Oktober 2012, yang merupakan bagian dari jaringan WPAP Community Indonesia yang berpusat di Jakarta. Berdirinya WPAP Chapter Semarang sendiri ditandai dengan acara pameran pertama di kawasan Kota Lama Semarang. Awal mulanya dibentuk oleh 3 orang mahasiswa yang berkuliah di Semarang yaitu Rizal Fauzi, Wresta Permana, dan Reza Khoirul. Mereka bertiga mempunyai ide untuk mendirikan komunitas WPAP di Semarang. WPAP Chapter Semarang sendiri dari awal berdiri sampai sekarang (2017) sudah mengalami 3 kali pergantian ketua. Yang terakir pada 9 Oktober 2016 terpilih Triawanda Tirta Aditya sebagai ketua yang baru. Sejak berdirinya pada tahun 2012 WPAP Chapter Semarang  telah berganti ketua sebanyak 3 kali.


            Selama berdirinya WPAP Chapter Semarang anggota yang ikut dalam komunitas tidak hanya dari wilayah Semarang saja namun dari daerah sekitar Semarang juga ada seperti Kendal, Ungaran, Demak, Salatiga, juga Kudus. Selama kurang lebih 4 tahun berdiri jumalah anggota WPAP Chapter Semarang selalu bertambah. Ini dikarenakan setiap ada kegiatan seperti kopdar, pameran atau workshop selalu di posting di media social WPAP Chapter Semarang, seperti facebook, Instagram dll. 
            Lantas bagaimana caranya WPAP Chapter Semarang dalam mempertahankan eksistensinya selama beberapa tahun ini di Kota Semarang yang memiliki banyak komunitas ? tentu ini menarik untuk di ulas bagaimana caranya WPAP Chapter Semarang  tetap eksis meski baru berusia 4 tahun. Ada beberapa strategi dari WPAP Chapter Semarang untuk mempertahankan eksistensinya yaitu :
Kopdar / gathering
Kegiatan ini biasanya diadakan setiap sebulan sekali atau maksimal dua kali dalam sebulan. Saat kopdar kami sharing tentang WPAP mulai dari proses pembuatan sampai pemasarannya. Jika WPAP Chapter Semarang kopdar kami berpindah pindah lokasi ini dikarenakan anggota WPAP Chapter Semarang tersebar di berbagai wilayah Semarang seperti Semarang atas dan bawah.

Kopdar WPAP Chapter Semarang (2017)


 Pameran karya
Saat pameran biasanya kami diundang untuk mengisi acara tersebut atau kami bekerja sama dengan sebuah acara. Selama 4 tahun berdiri sudah banyak pameran yang diikuti oleh WPAP Chapter Semarang, seperti pameran di acara Festival Kota Lama (2013), Techno Creative (2013), Taman Garuda Art Fest (2014), Loenpia Jazz (2015), Gedung Wanita Semarang (2016), Pandanaran Art Fest (2016), Pekan Raya Akuntasnsi di Polines Semarang (2017) dll.
Gedung Wanita Semarang (2016)

Pekan Raya Akuntasnsi di Polines Semarang (2017)

Workshop
Kegiatan workshop ini kami lebih sering bekerja sama dengan pihak pihak kampus yang ada di sekitar Semarang seperti POLINES,UNNES,USM dan yang akan datang di UPGRIS pada bulan September 2017. Antusias masyarakat cukup besar terumatama dari anak muda namun tidak jarang orang tua juga ikut workshop WPAP. Antusias yang besar ini terbukti setiap ada workshop WPAP selalu ramai dengan peserta. Para peserta ini tidak hanya berasal dari Semarang namun juga daerah sekitar Semarang.

Workshop WPAP dalam acara ARTFACT #2 UNNES (2017)

Bekerja sama dengan instansi / perusahaan
Selain itu WPAP Chapter Semarang juga bekerja sama dengan pemerintah maupun perusahaan tertentu untuk memajukan WPAP itu sendiri. Dengan berkerja sama dengan pihak pihak tersebut WPAP Chapter Semarang mendapatkan relasi, ilmu dan tentunya pengalaman. Selain itu kami juga bisa kopdar di tempat mereka dan mendapatkan fasilitas seperti internet gratis dan snak.


Kopdar di tempat perusahaan yang berkerja sama dengan WPAP Chpater Semarang (2017)

 Liburan bareng anggota WPAP Chpater Semarang
Diluar kopdar biasanya kami sering nongkrong bareng sambil ngobrol ngobrol. Selain itu kami juga mengadakan acara camping ceria yang berlokasi di camping ground mawar gunung ungaran beberapa waktu yang lalu.

Camping ceria (2017)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon