Rabu, 16 Agustus 2017

Aplikasi Apa sih Yang Digunakan Untuk Membuat WPAP ???

Tags


Mungkin banyak dari WPAPer yang sering mendapat pertanyaan seperti itu, okelah kita mudah menjawab “bisa CorelDRAW, Photoshop, Adobe Illustrator, dan sejenisnya”. Tapi kadang pertanyaan sepele seperti itu juga bisa membuat kita para WPAPer sakit hati,😓 ketika mereka masyarakat awam menanyakan “mas/mbak aplikasi apa si yang di gunakan untuk membuat WPAP? (sembari melihatkan smartphone kesayangannya😅)”. lebih masalah lagi jika yang bertanya orang awam tapi sok pengalaman😅. Berikut adalah sedikit pengalaman yang pernah saya alami ketika bercakap tentang WPAP dengan orang seperti mereka.
Dia👦   : mas kamu buat wpap pakai aplikasi apa ?
Saya👨 : saya pake corel mas,masnya pake apa ?
Dia 👦  : susah ya mas (tanpa menjawab balik pertanyaanku) ?
Saya 👨: ya susah bagi pemula, tapi kalau sering latihan juga nantinya terbiasa
Dia 👦  : itu kan Cuma foto dikasih garis-garis terus di warnai mas.
Saya 👨: iya si mas (sambil menggaruk-garuk kepala),dalam hati beekata terserah lah
Dia  👦 : mending download di playstore mas,kan bisa cepet dan lebih mudah
Saya👨 : emang ada mas aplikasinya? coba lihat, setau saya gak ada mas.

Dengan banyak alasan diapun tak bisa menunjukkan aplikasi yang di maksudkan,dengan rasa percaya diri saya berkata “oke mas kalau memang ada aplikasinya saya tak order sama njenengan dengan harga tiga kali lipat dari punyaku“. Tapi nyatanya sampai sekarang orang tersebut tak bisa menunjukkannya, itulah sedikit pengalamnan yang pernah saya alami.

Sekarang kembali ke permasalahan,aplikasinya apa sih ???
Jadi aplikasi yang kami (para WPAPer) gunakan itu berbeda-beda tergantung selera dan keahlian masing-masing WPAPer.



Gambar apa si itu??😁 Bagi para penggiat dunia komputer, khususnya desain grafis tidak asing lah dengan gambar-gambar di atas ,tapi mungkin masih ada yang  belum mengenal dengan gambar tersebut. Gambar di atas adalah logo softwere/aplikasi yang di gunakan dalam pembuatan WPAP (bisa juga di gunakan untuk desain lain).
Yang pertama ada Adobe Ilustrator, lalu CorelDRAW, dan yang ketiga Photoshop, untuk saya pribadi menggunakan CorelDRAW, berikut singkat contoh dari proses pembuatan WPAP.

Sebenarnya bukan Cuma itu saja,masih banyak lagi softwere-softwere yang bisa di gunakan, bahkan sekarang ini juga sudah banyak yang mempraktekkan pembuatan WPAP menggunakan smartphone, tapi tetap saja bukan menggunakan aplikasi instan yang sekali klik langsung jadi, bahkan WPAPer yang mampu menggunakan smartphone sebagai medianya adalah para WPAPer yang sudah bisa di bilang hebat.

Jadi sekarang sudah jelas kan aplikasi apa yang kita gunakan,bagaimana gambaran proses pembuatannya kan, jika ingin tahu lebih jelas dan lebih jauh mengenal dunia wpap mari bisa gabung dengan komunitas WPAP Semarang atau mana saja asal daerahmu. Jadilah generasi muda cerdas dengan tidak selalu bergantung dengan aplikasi instan,karena tak semua yang instan itu berkualitas.
WPAP merupakan sebuah karya seni asli Indonesia yang di ciptakan oleh bapak Wedha Abdul Rasyid pada tahun 1990. Sebagai generasi muda, kita patut bangga dengan terciptanya sebuah karya seni yang telah mendunia tersebut. Untuk itu mari kita lestarikan serta kembangkan dengan semangat belajar serta menularkan apa yang kita bisa, bersamaan dengan hari jadi Republik Indonesia yang ke-72 mari bersama kita tunjukkan semangat muda kita dalam berupaya melestarikan karya milik negeri kita tercinta. Dirgahayu Indonesiaku, teruslah berkibar dan berkobar semangatmu,72 tahun berjaya bumi pertiwiku, mari ukir Indonesia dengan semangat berkarya agar tetap bersinar di cakrawala, INDONESIA BISA...!!!
Sedikit pengalaman tentang dunia WPAP ku,semoga bermanfaat dan terimakasih.

by: @sunand46

Artikel Terkait

2 komentar


EmoticonEmoticon