Kamis, 02 November 2017

Bagaimana Cara Membuat Palette Warna untuk WPAP di Coreldraw?

Tags

Dalam hal coloring atau pewarnaan membuat WPAP, sebenarnya gak ada kewajiban harus ada palette tersendiri sih. Tapi, punya palette sendiri itu lebih asik. Lebih cepat dan mudah dalam proses pemilihan warnanya. Dan kamu pun juga punya ciri khas dengan warnamu sendiri sebagai seorang WPAPer.
Oke langsung aja langkah-langkahnya yaitu :
1. Buat area untuk diwarnai. Misal saja persegi. Buat 10 persegi berjejer 1 baris.
 2. Warnai dengan warna grayscale dari paling tua ke paling muda yg mengacu pada palette RGB.

3. Hilangkan garis tepinya agar terlihhat ramping. Caranya seleksi semua persegi lalu klik kanan pada simbol   pada palette RGB.

4. Buat lagi persegi-persegi sama seperti itu kurang lebih 6 lagi ke bawah.
5. Warnai bidang persegi pada baris kedua mulai dari yang paling kiri. Dengan cara klik edit fill yang ada di bagian bawah layar. Misal warna oranye. Samakan intensitas warnanya dengan warna grayscale tadi.


6. Lanjutkan sebelahnya dengan cara pemilihan warna yang sama.


7. Lanjutkan pewarnaan pada baris bawahnya dengan warna yang berbeda-beda tiap baris. Misal warna hijau, lalu bawahnya biru, lalu bawahnya pink, lalu bawahnya kuning, lalu bawahnya ungu, atau warna sesuai seleramu.


8. Copy dan paste semua bidang tadi di sebelahnya.


9. Seleksi bidang-bidang yang dicopy tadi, lalu klik menu bitmap –> convert to bitmap.



10. Pilih grayscale pada pilihan color mode.


11. Kita lakukan tes grayscale. Apakah warna yang kita pilih sudah benar atau belum. Amati apakah ada yang berbeda dari atas ke bawah? Jika berbeda, maka harus mengulang pemilihan warna lagi. Mungkin warnanya kurang gelap atau terang. Jika sudah sama, maka lanjut ke langkah berikutnya.


12. Sekarang kita akan membuat palette baru dari hasil warna yang kita pilih tadi. Caranya klik menu Window –> Color Palette –> Create Palette from Selection.


13. Misal kita buat namanya Belajar Palette. Lalu klik Save.


14. Buka menu Window –> Color Palette –> Open Palette.


15. Pilih Belajar Palette yang telah kita buat tadi. Lalu klik Open.



16. Palet kita udah jadi. Udah bisa dibuka dan dipakai. Tapi masih belum berurutan. Jadi biar mudah menggunakannya, maka kita urutkan dulu.


17. Sebelum mengurutkannya, kita akan menghapus dulu semua warna yang ada pada palette tersebut. Atau kita akan mengosongkan palette tersebut. Caranya, klik pada warna terakhir, lalu pilih cancel. Ini digunakan untuk memacing edit palette agar aktif.


18. Selanjutya klik Delete Color beberapa kali sampai warnanya habis. Lalu klik OK.

 


19. Klik simbol . Lalu tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard dan klik warna mulai dari yang atas nomor 2 dari kiri, dilanjutkan samping kanan lalu bawahnya mulai dari paling kiri juga. Untuk warna yang paling hitam pojok kiri atas, nanti ditambahkan setelah warna lain yang ada di situ sudah dipilih semua.


20. Setah warn tadi dipilih semua, tambahkan warna putih. Lalu atur tampilan palettenya seperti di bawah ini. Jadi tau kan, kenapa tadi warna hitam dan putihnya ditaruh belakang? Yups, agar urutan warnanya sesuai dan kita jadi lebih mudah memilih warnanya dalam proses coloring WPAP.


Naah.. sekarang kamu udah punya palette warna sendiri. Coba rasakan sebelum dan setelah kamu punya palette warna. Lebih enak mana kalau mau buat WPAP? J

Salam warna-warni WPAP Semarang.

konten by: @naylamaunah

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon